Sobat pasti sudah sering mendengar mengenai WordPress dan Blogspot. Apalagi jika sobat seorang blogger yang aktif tentu tidak asing lagi dengan kedua platform tersebut. Tapi tahukah sobat jika di antara kedua platform tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Lalu antara WordPress dan Blogspot mana yang terbaik untuk blogging? Hal ini akan saya bahas pada artikel kali ini.

• Apa itu WordPress dan Blogspot
• Perbedaan WordPress dengan Blogspot
• Kelebihan dan kekurangan WordPress
• Kelebihan dan kekurangan Blogspot

Aktivitas ngeblog atau sering disebut dengan istilah blogging sekarang sudah mulai diminati oleh banyak kalangan. Bukan hanya anak muda dan remaja tapi kalangan orang tua pun sudah mulai mencoba kegiatan ngeblog ini. Karena ngeblog itu asik dan menyenangkan dapat berbagi informasi. Ada juga beberapa orang yang mampu menghasilkan uang dengan ngeblog. Salah satu caranya bergabung dengan Google Adsense.

Ada beberapa platform yang bisa digunakan untuk memulai aktivitas blogging. Diantaranya yang paling familiar adalah WordPress dan Blogspot.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah aplikasi yang dibangun dengan perangkat lunak sumber terbuka berupa bahasa pemograman PHP dan basis data (database) MySQL yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress sendiri memeliki dua versi yaitu versi wordpress.com dan wordpress.org.

WordPress pertama kali mucul pada tahun 2003 oleh Matt Mullenwed dan Mike Little dengan versi 0.7. WordPress sendiri dikembangkan oleh Michel Valdrighi di atas lembaga WordPress Foundation. Sedangkan nama WordPress diusulkan oleh Christine Selleck. Perlu sobat tahu juga saat ini WordPress menjadi platform pilihan beberapa situs web ternama, seperti CNN, The New York Times, TechCrunch.

Kemudian, setelah mengenal WordPress ada satu lagi teman WordPress yaitu Blogspot.

Apa itu Blogspot?

Sama halnya dengan WordPress, Blogspot atau Blogger.com adalah sebuah aplikasi yang memungkinkan sobat untuk berbagi dengan menggunakan sumber terbuka yang dimiliki oleh Pyra Labs dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tahun 2002.

Blogspot memungkinkan sobat untuk berbagi segala hal, mulai dari catatan harian hingga produk-produk untuk bisnis.

Nah, setelah sobat tahu apa itu WordPress dan Blogspot. Sekilas memang sama tapi ada perbedaan-perbedaan yang cukup signifikan.

Perbedaan WordPress dan Blogspot

Untuk mengetahui perbedaan-perbedaan antara WordPress dan Blogspot, saya akan bagi ke dalam beberapa kategori agar memudahkan dalam pemahamannya:

1. Popularitas

Dikutip dari situs web trends.builtwith.com, perlu diakui saat ini WordPress berada di peringkat nomor satu sebagai platform CMS (Content Management System) yang paling populer dengan presentase pengguna sekitar 32%. Sedangkan Blogspot hanya berada di peringkat 8 dengan presentase pasar 0.8% dari total pengguna CMS.

2. Kemudahan dalam membuat

Dalam proses pembuatan blog antara WordPress dengan Blogspot terbilang sama-sama mudah. Karena hanya perlu mendaftarkan akun dengan email gmail ke situs webnya, sobat sudah bisa langsung membuat blog. Hanya saja, jika diamati langkah pembuatan blog di WordPress terbilang lebih panjang dibandingkan dengan pembuatan blog di Blogspot.

3. Biaya pembuatan

Dalam hal ini pun antara WordPress dan Blogspot memiliki hal yang sama, yaitu sama-sama gratis. Selama masih menggunakan sub domain bawaan platform. Jika sobat ingin mengembangkannya sobat bisa membeli domain berbayar.

4. Kemudahan dalam menggunakan

Secara umum WordPress lebih unggul dengan tampilannya yang mudah dan ramah bagi para blogger pemula. Tetapi perbedaan ini tidak terlalu besar. Setelah sobat menggunakannya selama 4-5 hari sobat pasti akan terbiasa.

5. Fitur

Jika dilihat dari stsobatr CMS minimal harus mempunyai fitur posting, insert dan page. Ketiga fitur itu menjadi hal utama untuk menjalankan aktivitas bloging. Antara WordPress dan Blogspot keduanya sama-sama mempunyai fitur tersebut. Tapi di sini masing-masing dari mereka memiliki keunggulan. WordPress memiliki fitur yang lebih komplek seperti adanya Yoast SEO yang memudahkan sobat dalam memposting. Sedangkan Blogspot memiliki fitur penghasilan yang terhubung dengan Google Adsense.

6. Tampilan

Pada segi tampilan WordPress bisa dibilang lebih unggul karena tampilannya yang dinamis dan ramah dilihat. Sedangkan Blogspot seperti ketinggalan zaman dengan warna dan tampilannya yang monoton. Tapi di antara keduanya sama-sama memiliki template yang bisa dirubah sesuai selera.

7. Izin periklanan

Perlu sobat ketahui bahwa dari ngeblog sobat bisa mendapatkan uang. Salah satunya dengan menggunakan iklan dari Google Adsense. Inilah yang menjadi nilai lebih bagi para blogger.

Sayang sekali untuk periklanan WordPress tidak mengijinkan memasang iklan pada versi WordPress.com. Jadi hanya pada versi WordPress.org. Sedangkan Blogspot karena memang sudah dimiliki oleh Google jadi sudah pasti bisa.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Pertama saya akan bahas mengenai kelebihan WordPress untuk Blogging:

1. Bersifat Free atau Gratis
Seperti yang dibahas tadi di awal mebuat blog menggunakan versi WordPress.com itu gratis.

2. Bisa digunakan secara off line
Off line di sini maksudnya sobat bisa membuat postingan secara off line langsung di WordPress. Tetapi untuk mempublikasikannya perlu terkoneksi dengan internet. Jika tidak maka postingan tersebut akan masuk ke draf.

3. Menyediakan banyak template dan plugin
WordPress dikenal memiliki pilihan templatenya yang sangat beragam dan menarik. Disamping itu tersedia plugin yang bersifat fleksibel. Sobat bisa menambahkan plugin yang dirasa membantu untuk blogging.

4. Terdapat fitur Yoast SEO
Hal ini sangat membantu dalam membuat postingan agar mudah terbaca oleh mesin pencari.

Di antara kelebihan-kelebihan tadi ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh WordPress khusunya pada WordPress dengan versi free atau gratis:

1. Tidak dapat mengatur halaman hosting
Tetapi hal ini hanya berlaku pada versi gratis. Jika sobat menggunakan versi berbayar maka blog WordPress 100% bisa diatur oleh sobat.

2. Kurang leluasa menata tampilan
Tampilan menjadi hal yang penting dalam dunia bloging karena hal itu mempengeruhi pengunjung yang datang. Jangan samapai dengan tampilan yang ala kadarnya pengunjung lansung kabur.

3. Tidak bisa menerima iklan bisnis dari Google Adsense

Kelebihan dan kekurangan Blogspot

Pertama mengenai kelebihan blogger:

1. Terintegrasi dengan layanan Google
Karena Blogspot adalah salah satu aset google maka secara otomatis dapat terintegrasi dengan layanan Google lainya.

2. Ramah SEO
Blogspot memang tidak memiliki pengaturan SEO tetapi secara default sudah dirancang ramah SEO.

3. Terbilang praktis dan mudah
Dalam penggunaannya Blogspot lebih praktis dan mudah terutama saat melakukan setting tampilan dan halaman.

4. Bisa menerima iklan bisnis dari Google Adsense
Bagi para blogger Google Adsense menjadi pemanis dalam dunia blogging.

Baca juga : Syarat terbaru agar diterima Google Adsense

Selanjutnya kekurang yang dimiliki oleh Blogspot:

1. Tampilan dasboard sederhana
2. Toll menulis postingan kurang lengkap
Saat membuat postingan di Blogspot menjadi kurang leluasa karena ada beberapa toll yang tidak tersedia.

Paling tidak itulah tadi pembahasan mengenai WordPress dan Blogspot mana yang terbaik untuk blogging sobat bisa menilainya sendiri. Yang jelas kesimpulannya masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan. Pilihlah yang menurut sobat cocok dan mudah digunakan.

4 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…