teknik SEO untuk meningkatkan peringkat dan trafik website

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian Google merupakan tujuan utama bagi pemilik website dan blog.

Mengingat karena semakin tingginya website menduduki peringkat hasil pencarian Google, maka semakin tinggi pula trafik yang didapatkan.

Trafik yang semakin tinggi maka akan membawa keuntungan tersendiri bagi pemilik website atau blog.

Misalnya, jika sobat memiliki website toko online, maka dengan memiliki trafik yang tinggi itu artinya semakin banyak pengunjung yang bisa dikonversi menjadi konsumen.

Contoh lain, jika sobat seorang blogger, maka kesempatan diterima Google Adsense atau menjadi endorser semakin besar.

Namun, untuk mendapatkan peringkat dan trafik yang tinggi tidak cukup dengan cara membuat banyak konten saja tapi perlu juga optimasi.

Karena halaman-halaman website tidak mungkin naik ke peringkat atas dengan sendirinya. Jadi diperlukan teknik SEO yang efektif agar website bisa muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google.

Nah, pada artikel kali ini akan membahas beberapa teknik SEO untuk meningkatkan peringkat dan trafik website dengan efektif.

Perlu sobat tahu juga, bahwa teknik SEO selalu berubah mengikuti update algoritma Google. Seperti halnya 10 tahun yang lalu, untuk menduduki peringkat teratas hasil pencarian Google cukup dengan membuat konten 300 kata dengan kata kunci (stuffing keyword).

Tapi lain lagi dengan sekarang, teknik SEO seperti itu sudah tidak berlaku. Algoritma yang diterapkan Google sekarang lebih komplek.

Hal ini karena Google ingin memberikan hasil pencarian yang terbaik yang mampu menjawab secara lengkap pertanyaan penggunanya.

Setidaknya ada 8 teknik SEO terbaru yang bisa digunakan untuk meningkatkan peringkat dan trafik website. Berikut beberapa teknik tersebut :

Baca juga : Cara Optimalkan Website )

Teknik SEO untuk Meningkatkan Peringkat dan Trafik Website
1. Pasang Plugin Yoast SEO

Plugin Yoast SEO memiliki beberapa fitur yang mampu meningkatkan kualitas SEO pada website.

Seperti fitur untuk mengubah title tag dan meta description, submit XML sitemap, verifikasi Google Webmaster dan mengubah permalink.

Menariknya ada pula fitur analisis konten yang mampu membantu sobat membuat konten sesuai dengan kaidah SEO.

Untuk memasang plugin Yoast SEO sobat perlu menginstalnya terlebih dahulu. Caranya masuk ke menu Dashboard dan pilih menu Plugins. Kemudian klik tombol Add New yang berada di bagian atas halaman.

Setelah itu pada kolom pencarian ketik Yoast SEO. Pada hasil pencarian akan muncul plugin Yoast SEO. Silihkan klik tombol Install Now kemudian setelah selesai klik tombol Activate.

2. Daftarkan Website di Google Search Console

Google Search Console atau dulu yang dikenal sebagai Google Webmaster Tools merupakan platform yang berfungsi untuk memantau kinerja website di ranah organik Google.

Seperti memungkinkan sobat untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website, kinerja website dan menganalisis trafik website tertinggi.

Singkatnya, Google Search Console berfungsi untuk memeriksa performa website di hasil pencarian.

Untuk mendaftarkan website pada Google Search Console ikuti langkah-langkah berikut:

• Login ke akun Google

• Buka Webmaster Tools

• Klik Add Property

• Pilih Website dari menu drop-down kemudian masukan URL website sobat. Pada langkah ini pastikan URL sama persis dengan URL yang muncul di browser

• Klik Continue

• Pilih Cara Verifikasi sesuai yang sobat inginkan. Bisa upload file HTML, HTML tag atau kode tracking Google Analytics. Sobat bisa memilih salah satu di antaranya.

• Jika website sobat sudah mendukung versi http:// dan https:// baiknya tambahkan keduanya secara terpisah.

3. Membuat Sitemap

Membuat sitemap termasuk teknik dasar SEO yang sangat penting keberadaanya.

Sitemap merupakan daftar yang berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari.

Dengan membuat sitemap maka website sobat akan lebih mudah untuk ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat juga untuk terindeks.

Baca juga : Penyebab Website tidak Terbaca di Hasil Pencarian )

Ada dua jenis sitemap, yaitu sitemap XML dan HTML.

Sitemap XML merupakan sitemap yang diakses oleh mesin pencari. Sedangkan sitemap HTML merupak sitemap yang diakses oleh pengunjung.

Untuk membuat sitemap XML dan HTML sobat bisa menggunakan beberapa plugin, misalnya juga Yoast SEO.

4. Memasang Google Analytics

Google Analytics memiliki fungsi untuk mengidentifikasi perilaku pengunjung website.

Hal ini, memungkinkan sobat untuk mengetahui pergerakan pengunjung dari mulai membuka sampai menutup halaman website sobat.

Selain itu Google Analytics juga membantu sobat mengetahui halaman mana saja yang menghasilkan conversion tinggi dan mana yang kurang maksimal atau perlu diperbaiki.

5. Meningkatkan Kecepatan Website

Loading website yang lambat seringkali membuat pengunjung beranjak pergi dan mencari website lain.

Berdasarkan data Google 53 persen pengguna internet akan pergi meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Dan sebanyak 79 persen pengguna internet kecewa dengan website yang lemot. Hal ini bisa berdampak pada pengunjung yang tidak akan kembali lagi pada website tersebut.

Untuk meningkatkan kecepatan website sobat bisa menggunakan beberapa tool seperti, Free Speed Test dan Website Optimization.

6. Melakukan Riset Keyword

Melakukan riset keyword sebelum membuat konten akan membantu sobat menemukan kata kunci yang relevan untuk pembaca.

Setidaknya ada lima indikator yang perlu sobat perhatikan saat melakukan riset keyword.

Pertama, volume pencarian yaitu banyaknya pencarian sebuah kata kunci dalam satu waktu tertentu.

Kedua, tingkat kesulitan keyword yang menunjukan tingkat kesulitan sebuah kata kunci untuk berada di peringkat pertama hasil pencarian.

Ketiga, search intent yaitu maksud yang diinginkan pencari untuk sebuah kata kunci.

Keempat, SERP atau Search Engine Result Page yang menunjukan halaman-halaman pada 10 peringkat teratas hasil pencarian kata kunci.

Dan yang terakhir saran kata kunci yaitu sekumpulan keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan kata kunci yang sobat riset.

7. Membuat Konten yang Lengkap dan Menarik

Saat orang mencari sebuah kata kunci pada mesin pencari, mereka mengharapkan hasil pencarian yang lengkap dan bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.

Hal ini disadari oleh algoritma Google dan mulai mengutamakan konten-konten yang lengkap untuk menduduki posisi teratas hasil pencarian.

Sobat bisa menambahkan gambar atau video untuk melengkapi konten di sebuah artikel. Hal ini bisa membantu pengunjung untuk memahami isi artikel.

8. Update Konten Lama

Fokus membuat konten-konten baru memang tidak salah tapi bukan berarti mengabaikan begitu saja konten lama. Karena bisa jadi konten lama tersebut menjadi sumber trafik yang tidak kalah banyak dari konten baru.

Bisa jadi ada beberapa konten lama yang performanya masih bisa ditingkatkan lagi.
Lakukanlah evaluasi terlebih dahulu sebelum melakukan update konten lama. Pilih konten lama yang berpotensi menghasilkan trafik lebih baik.

Sobat bisa melakukannya dengan menggunakan Google Search Console. Dari situ akan terlihat performa dari masing-masing halaman website pada hasil pencarian.

Itulah tadi beberapa teknik SEO untuk meningkatkan peringkat dan trafik website. Sobat bisa mencobanya untuk meningkatkan peringkat dan trafik website yang sobat punya.

3 comments
  1. wiw kalo baca SEO kenapa kepala sy langsung kliyengan yak wk wk, gimana dong dengan jenis konten saya yg cuman cerita keseharian dan curhatan aja,, gak bakalan masuk di google page one hi hi, ngayal aja kayaknya, tapi sy msh bersykur masih ada orang yng mau mampir sekedar baca tulisan saya, itu aja dah bikin sy hepiii. lagian sy tuh msh blom ada tuh pasang google adsense segala, , tp thx infonya yah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…