perbedaan wordpress

Terdapat dua layanan WordPress yang bisa sobat gunakan untuk membangun website. Dua layanan tersebut, yaitu wordpress.com dan wordpress.org.

Nah, sebaiknya sobat memahami terlebih dahulu perbedaan di antara keduanya sebelum memulai membuat website.

Hal ini untuk mempermudah sobat dalam menentukan layanan mana yang paling cocok untuk digunakan.

Pada artikel ini akan membahas mengenai perbedaan wordpress.com dengan wordpress.org. Sehingga sobat bisa menentukan layanan mana yang paling cocok untuk sobat gunakan. Berikut adalah penjelasannya:

Perbedaan WordPress.com dengan WordPress.org

Terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara wordpress.com dan wordpress.org, di antaranya:

1. Masalah Harga

Perbedaan yang paling mendasar adalah soal harga. Tapi sebenarnya baik wordpress.com maupun wordpress.org sama-sama gratis.

Karena pada dasarnya WordPress merupakan software open source, yang artinya siapapun bisa menggunakannya. Baik juga memodifikasi dan mendistribusikannya secara bebas.

Meskipun WordPress memiliki developer sendiri tapi siapapun bisa berkontribusi untuk memperbaiki kualitas WordPress dengan melaporkan bug, memperbaiki kerusakan pada versi lama atau dengan menyarakan fitur.

Nah, letak perbedaan antara wordpress.com dengan wordpress.org di komponen tambahan bukan pada softwarenya.

Pada wordpress.com sobat tidak perlu mengeluarkan biaya karena sepenuhnya gratis. Namun, pada wordpress.org sobat perlu mengeluarkan biaya tambahan karena wordpress.org memerlukan hosting dan domain.

Karena pada wordpress.com baik hosting maupun domain sudah disediakan oleh WordPress. Untuk itu jika sobat memilih wordpress.org maka sobat harus melakukan pembelian hosting dan domain.

Tapi sobat tidak pelu kawatir karena terdapat banyak toko yang menyediakan hosting dan domain murah. Seperti Niagahoster, rumahweb dan lainnya.

2. Kustomisasi Domain

Jika sobat menggunakan layanan wordpress.com maka ekstensi domain otomatis menggunakan wordpress.com. Alamat website sobat menjadi www.namablog.wordpress.com. Sobat tidak bisa mengkustomisasi domain.

Namun, jika sobat menggunakan wordpress.org maka ekstensi domain bervariatif. Sobat bisa memilih domain apapun sesuai keinginan. Seperti halnya .net, .com atau .co.id.

Sobat juga bisa menggunakan domain-domain unik seperti .site, .website, .store atau .online.

Untuk mendapatkan variasi domain tersebut, tentu sobat harus membelinya. Dengan membeli domain sendiri website sobat akan terlihat lebih profesional dibanding dengan menggunakan domain yang gratis.

3. Performa Hosting

Pada versi wordpress.com hosting yang digunakan adalah hosting langsung dari WordPress. Tentu ini gratis, namun hosting WordPress memiliki kekurangan.

Kekurangan tersebut adalah kapasitas disk spacenya yang terbatas. WordPress hanya memberikan disk space sebesar 3 GB untuk wordpress.com.

Oleh karena itu, dengan kapasitas sekian akan membatasi sobat dalam mengunggah konten di website.

Jika sobat ingin membangun website dengan banyak konten seperti toko online, sebaiknya sobat memilih versi wordpress.org. Mengapa demikian? Karena sobat bisa menentukan sendiri berapa besar kapasitas disk spacenya.

Mulai dari kapasitas 3 GB, 5 GB, 10 GB bahkan sampai unlimited disk space.

4. Variasi Tema

Banyaknya pilihan tema atau template yang diberikan maka semakin besar pula sobat untuk berkreasi membuat website yang menarik.

Pada versi wordpress.com hanya mengizinkan sobat untuk menggunakan tema dari bawaan WordPress. Sobat tidak bisa menggunakan tema yang diperoleh dari pihak ketiga, baik secara gratis maupun membelinya.

Berbeda dengan versi wordpress.org yang menyediakan banyak variasi tema. Selain itu sobat juga bisa mengambil dari pihak ketiga.

Dengan banyaknya tema tersebut sobat bisa membuat website atau blog yang menarik sesuai dengan keinginan sobat.

5. Instalasi Plugin

WordPress.com tidak mengizinkan sobat untuk menginstall plugin apapun. Sobat tidak bisa memasang plugin, baik yang gratis maupun berbayar.

Meskipun wordpress.com sudah dilengkapi dengan berbagai fitur, tapi dengan adanya keterbatasan ini akan cukup berpengaruh dengan performa website atau blog sobat.

Untuk mendapatkan performa terbaik sobat perlu menambahkan beberapa plugin.

Plugin sendiri berfungsi untuk menambahkan berbagai fitur bermanfaat pada website atau blog. Seperti plugin SEO, plugin keamanan, plugin sosial media hingga plugin caching.

Jika sobat ingin menambahkan berbagai plugin maka sobat harus menggunakan wordpress.org.

6. Teknik SEO

Salah satu elemen pokok dalam website atau blog adalah Search Engine Optimization atau yang lebih sering disebut SEO.

Kualitas SEO dalam sebuah website atau blog akan menentukan performa hasil pencarian pada mesin pencari. Semakin baik kualitas SEO maka semakin besar pula kemungkinan website atau blog sobat akan muncul di halaman pertama hasil pencarian.

Pada wordpress.com untuk mendapatkan SEO hanya bisa mengandalkan konfigurasi dasar dari WordPress. Lain halnya dengan wordpress.org yang bisa menginstal plugin SEO, seperti Yoast SEO, All in One Pack SEO.

Tentu plugin-plugin tersebut bisa membantu sobat dalam pengaturan SEO dan memungkinkan sobat untuk mendapatkan peringkat tinggi di hasil pencarian.

7. Hak Cipta

Pada batang akhir website atau blog WordPress pasti akan muncul tulisan powered by WordPress. Meskipun hal ini terlihat sepele tapi bagi sebagian orang hal ini termasuk hal yang cukup mengganggu secara visual.

Perlu sobat ketahui tulisan tersebut hanya ada pada versi wordpress.com. Sobat tidak bisa mengkustomnya. Karena mau tidak mau website sobat pasti mengandung link powered by WordPress.

Inilah salah satu kekurangan jika sobat menggunakan versi gratis, secara tidak langsung sobat mempromosikan WordPress dalam website atau blog yang sobat buat.
Nah, untuk menghilangkannya sobat harus menggunakan versi wordpress.org.

8. Keuntungan Bisnis

Jika sobat berniat membuat website atau blog untuk berbisnis seperti toko online, maka versi wordpress.com bukanlah solusi yang tepat.

Karena WordPress tidak menyediakan plugin toko online untuk versi wordpress.com.  Hal ini mengingat spesifikasi versi gratis sangat minim keamanan, sehingga bisa membahaayakan data penjual atau pun pembeli.

Jika sobat ingin membangun toko online, sangat disarankan agar menggunakan versi wordpress.org.

Dengan menggunakan wordpress.org sobat bisa membangun toko online dengan kualitas yang tinggi. Sobat bisa memanfaatkan plugin WooCommerce.

Baca juga : Cara Membuat Toko Online di WordPress

Selain itu ada juga periklanan, dengan memasang iklan pada website maka sobat bisa mendapatkan uang dari internet.

Namun, pada versi wordpress.com hanya mengizinkan iklan dari WordAds yang merupakan platform iklan dari WordPress.

Berbeda dengan versi wordpress.org dimana sobat bisa memasang iklan baik dari Adsense atau dari endorsement.

9. Fitur Analytics

Pemilik website yang baik tentu akan melakukan evaluasi terhadap kinerja website atau blog yang dimilikinya. Evaluasi dilakukan agar bisa memperbaiki atau meningkatkan kinerja website atau blog itu sendiri.

Mulai dari jumlah pengunjung yang datang, darimana saja pengunjung yang datang dan berapa lama pengunjung menghabiskan waktunya berada dalam website.

Sayangnya, pada versi wordpress.com fitur atau layanan ini tidak tersedia. Versi wordpress.com hanya menyediakan analytics dasar, sehingga sobat tidak bisa melakukannya secara mendalam.

Berbeda dengan versi wordpress.org, sobat bisa memasang Google Analytics, Google Search Console atau plugin analytics lainnya untuk mendukung kinerja website.

Itulah tadi beberapa perbedaan wordpress.com dengan wordpree.org. perbedaan di antara keduanya memang cukup signifikan. Namun, kembali lagi pilihan menggunakan wordpress.com atau wordpress.org semua tergantung kebutuhan sobat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…