Cara optimalkan website

 

Bisa dikatakan perangkat mobile telah menjadi sumber utama trafik internet di seluruh dunia. Tercatat pada tahun 2018 sekitar 52,2 persen trafik website secara global didominasi oleh perangkat mobile.

Dan di Indonesia setidaknya 94 persen perangkat mobile telah mendominasi pengguna internet.

Oleh karena itu, pada tahun 2018 Google menerapkan algoritma baru berupa Google Mobile Fisrt Index.

Ada beberapa cara optimalkan website pada Google Mobile First Index.

Untuk lebih memahaminya mari kenali terlebih dahulu mengenai Google Mobile Fist Index agar website kita bisa berada di peringkat satu pencarian.

Baca juga : Penyebab Website tidak terbaca di Google )

Apa itu Google Mobile First Index?

Google Mobile First Index merupakan mekanisme indeksasi Google yang mengutamakan versi mobile website untuk menentukan ranking dalam hasil pencarian.

Jadi, kini dalam menentukan ranking pada hasil pencarian, Google menggunakan performa website berdasarkan crawling pada versi mobile.

Artinya, jika website memiliki performa yang buruk di versi mobile maka akan berpengaruh buruk pula pada penilaian SEO website sobat.

Sebelumnya Google juga pernah menerapkan cara untuk menentukan ranking dalam hasil pencarian, yaitu dengan menggunakan performa website pada versi dekstop.

Namun, masih ada saja beberapa blogger yang belum sadar dan mengabaikan performa websitenya pada versi mobile.

Setidaknya hanya ada 27 persen website bisnis online yang baru melakukan optimalisasi pada versi mobile.

Setelah memahami apa itu Google First Index, selanjutnya dalam cara optimalkan website versi mobile perlu mengetahui dulu bagaimana performa website sobat.

Cara Cek Performa Website pada Versi Mobile

Baiknya sobat cek terlebih dahulu performa website pada versi mobile. Karena dengan begitu sobat akan tahu apa saja hal yang perlu ditingkatkan.

Untuk mengecek performa website pada versi mobile, sobat bisa menggunakan beberapa tool. Diantaranya seperti, Mobile Friendly Test, Test My Site dan PageSpeed Insight.

Cara menggunakan ketiga tool tersebut cukup mudah, sobat hanya perlu memasukan alamat website yang hendak dicek performanya. Maka secara otomatis tool akan melakukan inspeksi dan penilaian terhadap performa website.

Sobat bisa menggunakan salah satu tool tapi jika ingin mendapatkan penilaian yang lebih detail dan objektif, sebaiknya lakukanlah pengecekan dengan ketiga tool tersebut.

Cara Optimalkan Website pada Google Mobile Fist Index

Perlu sobat tahu bahwa website tidak akan menjadi mobile friendly tanpa melakukan apapun. Ada beberapa langkah untuk mengoptimalkan website agar menjadi mobile friendly.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu dilakukan :

1. Pilih Tema Responsif

Beberapa tema WordPress yang disediakan sudah memiliki label mobile friendly. Tapi jika tema yang sobat pakai belum berlebel mobile friendly, sobat tidak perlu khawatir.

Sobat bisa melakukan langkah berikut :

Pertama, silahkan sobat update WordPress ke versi terbaru. Karena biasanya pada versi terbaru developer melakukan update dengan menambahkan fitur-fitur baru seperti mobile friendly.

Maka, sobat tidak perlu mengganti tema lagi jika developer sudah menambahkan fitur mobile friendly pada update website terbaru.

Kedua, lain lagi jika developer tidak memberikan fitur mobile friendly pada update WordPress terbaru atau bahkan sudah tidak ada update lagi. Maka tidak ada salahnya sebaiknya sobat mengganti tema baru.

Pilihlah tema WordPress yang responsif dan mobile friendly.

2. Buat Mobile First Design

Buatlah web dengan prinsip mobile first desain. Jadikan desain versi mobile sebagai prioritas sobat.

Berikut ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat mobile first design.

• Tidak menggunakan Adobe Flash Player

Fungsi dari Adobe Flash Player sendiri adalah untuk menampilkan media visual, seperti gambar atau vidio.

Namun, tidak sedikit pengguna perangkat mobile susah untuk mengakses Adobe Flash Player, akibatnya malah menganggu user experience.

Terkadang Adobe Flash Player justru malah memperlambat kinerja atau loading website.

Ada alternatif lain jika sobat ingin menambahkan media visual atau komponen-komponen unik selain tulisan. Sobat bisa menggunakan HTML5 atay Java.

• Menggunakan Popup Sewajarnya

Ada beberapa pendapat mengenai penggunaan popup. Ada yang berpendapat bahwa penggunaan popup bisa meningkatkan convertion.

Ada pula yang berpendapat penggunaan popup bisa mempengaruhi user experience.

Keduanya ada benarnya, perlu sobat tahu penggunaan popup tidak akan mempengaruhi user experience jika sobat menggunakannya secara wajar atau tidak berlebihan.

Hindari penggunaan popup yang muncul setiap beberapa detik sekali di sebuah halaman. Hal ini bisa meningkatkan convertion dan tidak akan berpengaruh terhadap user experience.

• Menerapkan Finger Friendly Design

Perhatikan saat membuat design website pada perangkat mobile. Sobat perlu mempertimbangkan tool yang ada pada website agar tetap bisa dijangkau oleh jari.

Oleh karena itu, buatlah desain yang finger friendly, supaya tool website mudah ditemukan di layar yang berukuran kecil dan mudah juga untuk diklik oleh jari.

• Menghindari Penggunaan Slider

Satu lagi yang perlu sobat pahami saat hendak membuat desain website pada versi mobile.

Sebisa mungkin hindari penggunaan slider, karena slider hanya mempercantik tampilan secara visual saja tetapi tidak memiliki efisiensi pada kecepatan website dan pengalaman pemilik website.

Karena faktanya hanya 1 persen saja pengunjung yang mengklik konten dari slider.

3. Hindari Memblokir CSS, JavaScript dan Gambar

Saat sobat menggunakan desain versi mobile yang masih baru, sebisa mungkin hindari memblokir atau menghapus elemen-elemen seperti CSS, JavaScript dan gambar.

Mengapa demikian?

Meski dengan menghapus elemen-elemen tersebut mampu meningkatkan kinerja atau kecepatan website tapi hal ini akan menimbulkan cacat atau masalah pada versi mobile.

4. Tingkatkan Kecepatan Website

Baik pada perangkat desktop atau pun mobile kecepatan website menjadi hal yang paling utama.

Karena pengunjung akan memperhitungkan kecepatan loading website. Menurut survei Google, ada sebanyak 53 persen pengguna internet di Indonesia meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 3 detik.

Bisa dikatakan hal ini bukanlah sesuatu yang mengejutkan, mengingat ada banyak ribuan website yang akan muncul pada hasil pencarian Google.

Pengunjung memiliki kebebasan untuk memilih website mana yang hendak dibuka. Oleh karena itu website yang mampu memberikan konten lebih cepat memeliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapatkan perhatian pengunjung.

Sebaiknya sobat selalu memeriksa kecepatan loading website secara teratur. Sobat bisa menggunakan beberapa tool seperti, Free Speed Test atau website optimization.

5. Menggunakan Plugin Mobile WordPress

Ini merupakan cara yang efektif jika sobat ingin membuat website yang mobile friendly secara praktis dan cepat.

Sobat bisa menggunakan plugin mobile WordPress sebagai solusinya. Setidaknya ada beberapa plugin WordPress untuk membuat website yang mobile friendly.

Seperti beberapa plugin berikut:

WPTouch

WPTouch merupakan plugin yang paling populer untuk membuat website menjadi mobile friendly.

Plugin ini bisa membantu sobat untuk mengubah website menjadi monile friendly tanpa merusak tema website pada versi desktop.

Selain itu juga WPTounch akan memastikan website versi mobile sobat lolos di Google Mobile Test, sehingga nantinya ranking website sobat bisa naik.

AMP for WP

Ada yang menarik dari plugin yang satu ini, karena pada plugin AMP for WP menyediakan fitur untuk mengecek kecepatan tema website yang digunakan.

Jika tema agak lambat, sobat bisa menggantinya dan memilih tema yang telah disediakan AMP fro WP yang lebih cepat dan responsif.

Itulah tadi cara optimalkan website pada Google Mobile First index. Sobat bisa melakukan cara-cara tersebut untuk mengoptimalkan website agar memiliki rangking atau peringkat SEO yang lebih tinggi.

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…