cara monetisasi blog

Awalnya blog hanya digunakan sebagai sarana untuk menyalurkan hobi bagi para penulis. Namun, seiring berjalannya waktu blog bisa mendulang rupiah.

Sobat tahu Michelle Schroeder? Dia adalah salah satu blogger yang berhasil mendulang rupiah dari aktivitasnya di dunia blogging. Setidaknya pendapatan dia di tahun 2018 mencapai $1.500.000.

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu cara menghasilkan uang dari blog atau istilahnya disebut dengan monetisasi blog.

Jika sobat termasuk di dalamnya, maka sobat perlu menyimak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara monetisasi blog.

Nah, pada artikel kali ini bloggerminang akan berbagai mengenai monetisasi blog atau cara menghasilkan uang dari blog.

Namun, sebelumnya perlu diketahui bahwa platform yang digunakan pada blog untuk menghasilkan uang adalah WordPress. Maka, cara-cara di bawah ini bisa saja berbeda penggunaanya dengan platform lain.

Kumpulan Cara Monetisasi Blog

Umumnya, cara-cara di bawah ini sudah banyak diterapkan oleh para blogger untuk mendulang rupiah di blognya.

Jika sobat sudah penasaran maka langsung saja berikut adalah cara-caranya:

1. Monetisasi dengan Google AdSense

Bagi yang sudah lama aktif di dunia blogging maka sudah tidak asing lagi dengan istilah Google AdSense.

Google AdSense merupakan sebuah layanan periklanan yang dijalankan resmi oleh Google.

Dengan menggunakan layanan ini maka memungkinkan sobat untuk memasang banner iklan di blog yang sobat miliki.

Nantinya, setiap kali pengunjung mengklik banner iklan tersebut maka sobat akan dibayar. Adapun untuk bayarannya sendiri berbeda-beda tergantung dari negara dan pihak yang menerbitkan iklan tersebut.

Biasanya di Indonesia sendiri berkisar antara $0,01 sampai dengan $5 untuk setiap iklannya.

Namun, sebelum bisa menggunakan AdSense, sobat perlu membuat akun dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari karena Google harus menyetujui akun sobat.

Baca juga : Syarat Terbaru Diterima Google AdSense

Jika sudah aktif maka sobat bisa langsung memulai membuat format iklan yang hendak ditampilkan.

Pertama sobat perlu menentukan bentuk serta ukurannya terlebih dahulu. Setelahnya baru sobat bisa mendesain tulisannya.

Setiap iklan yang sobat buat akan memiliki kode yang nantinya digunakan untuk memunculkan iklan di blog.

Sobat bisa menggunakan plugin Easy Google AdSense untuk memasukan kode iklan tersebut atau bisa juga melakukannya secara manual pada menu code editor WordPress.

2. Marketing Afiliasi

Cara ini merupakan salah satu metode pemasaran online yang mulai banyak digemari karena mudah dan dapat mendatangkan uang banyak.

Untuk menerapkannya pun tidak begitu susah. Intinya, blog yang sobat punya akan digunakan untuk mempromosikan produk orang lain melalui referral link yang diletakkan pada sebuah konten.

Baca juga : Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Setiap ada orang yang membeli produk tersebut dari link afiliasi yang sobat buat maka sobat akan mendapatkan komisi dari si penjual produk.

Oleh karena itu, dalam marketing afiliasi terdapat tiga pihak yang terlibat, yaitu penjual (pemilik produk), pemilik blog sebagai pihak yang mempromosikan dan program afiliasi.

Ada banyak perusahaan yang menyediakan program afiliasi, seperti Amazon dan Rakuten. Jika di Indonesia, perusahaan yang menyediakan program ini, seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Setiap komisi yang diberikannya pun berdeba-beda tergantung dari perusahaan tersebut. Tapi yang jelas komisi untuk pemilik blog yang menyediakan link referral akan jauh lebih besar.

Agar sobat bisa sukses dalam menjalankan metode ini, maka sobat harus memperhatikan tema dan konten blog. Maksudnya, sobat perlu memilih program afiliasi yang produk-produknya berkaitan dengan isi blog sobat.

Karena bagaimanapun juga untuk mempromosikan produk tersebut sobat perlu memahami produk yang ingin ditawarkan.

3. Membuat Fitur Membership

Netflix dan Spotify merupakan website yang sukses mendulang rupiah dari fitur membership yang ada di blog. Kedua website tersebut memiliki jutaan pengguna yang berlangganan konten mereka, baik bulanan maupun tahunan.

Nah, sobat juga bisa menyulap blog yang sobat punya dengan fitur membership. Apalagi jika blog sobat memuat konten-konten yang dibutuhkan oleh banyak orang.

WordPress menawarkan beberapa plugin yang dapat digunakan untuk membangun website membership.

Salah satu di antaranya adalah S2member yang bisa sobat dapatkan secara gratis atau jika memiliki uang lebih sobat bisa membeli dengan versi premium.

Dengan menggunakan plugin tersebut, sobat bisa menentukan metode pembayaran dan konten apa saja yang bisa diakses pengguna yang membayar.

4. Menjual Ebook

Mungkin hal pertama yang terlintas dibenak sobat adalah darimana ebooknya? Apakah perlu membeli? Tentu tidak.

Sobat bisa menuangkan ide atau keahlian yang sobat miliki ke dalam bentuk ebook. Karena tidak mesti menuangkan hal tersebut selalu dalam bentuk postingan.

Nah, ebook yang dibuat inilah yang nantinya bisa sobat jual. Untuk mengoptimalkannya sobat bisa menggunakan plugin Easy Digital Download.

Dengan menggunakan plugin tersebut sobat bisa mengatur produk yang dijual tanpa harus memahami coding. Selain itu, sobat juga bisa menentukan sistem pembayaran yang dapat digunakan oleh pembeli, termasuk Paypal dan Stripe.

Easy Digital Download juga menawarkan fitur add-on berbayar, contohnya sistem pembayaran berulang dan review produk.

5. Menjual Produk Fisik

Perlu sobat tahu bahwa blog yang sobat buat bisa digunakan untuk memasarkan produk. Apalagi jika blog tersebut sudah memiliki pembaca setia yang cukup banyak.

Hal ini, memungkinkan pemilik blog untuk menjual produk yang berkaitan dengan tema atau niche blog.

The Oatmeal merupakan website yang dimiliki oleh Matt Inman. Website tersebut berisi komik-komik buatannya.

Di samping itu dia juga menjual merchandise, seperti kaos, buku, puzzle yang berkaitan dengan komik-komik buatannya. Dari sini dia berhasil mendapatkan uang hingga $500.000 per tahunnya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya sobat mencoba cara ini. WordPress juga menawarkan fitur WooCommerce untuk membuka lapak atau toko online.

Baca juga : Lengkap Cara Membuat Toko Online dengan WordPress

6. Menawarkan Kursus Online

Cara yang terakhir ini mungkin membuat sobat sedikit ragu untuk mencobanya. Terlebih jika sobat bukanlah seorang ahli di sebuah bidang hingga bisa menyebarkan ilmu ke orang lain.

Namun, pada dasarnya sobat tidak perlu menjadi ilmuan terlebih dahulu untuk memulai cara monetisasi blog. Yang sobat perlukan hanya pengetahuan yang dibutuhkan orang banyak dan kemauan untuk terus belajar.

Ada beberapa orang yang sukses menerapkan cara ini, seperti Joseph Michael yang dapat menghasilkan uang hingga $100.000 pertahun dari kursus onlinenya.

Dalam websitenya ia menawarkan pelatihan software scrivener yang memang ini banyak dibutuhkan karena kerumitannya.

Nah, jika ingin mencoba membuka kursus online untuk mengoptimalkannya sobat bisa menggunakan plugin kursus online yang disediakan oleh WordPress. Plugin tersebut seperti Learndash dan WP Courseware.

Kedua plugin tersebut memang tidak gratis tapi dengan menggunakan salah satunya sobat tidak perlu bersusah payah untuk membangun blog kursus online.

Itulah tadi beberapa cara monetisasi blog atau cara menghasilkan uang melalui blog. Sobat bisa mencoba salah satu di antaranya. Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…