Cara Menggunakan WordPress

Bagi sebagian blogger yang sudah cukup lama menggunakan WordPress hal ini dianggap sebagai hal yang mudah. Namun, lain lagi bagi mereka yang masih pemula. Tidak sedikit di antara mereka yang masih kebingungan.

Umumnya, mereka yang kebingungan karena belum memahami fitur-fitur yang tersedia dalam WordPress.

Terkait dengan hal tersebut maka pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menggunakan WordPress lengkap. Langkah demi langkah akan dibahas secara detail agar sobat blogger bisa memahaminya dengan mudah.

( Baca juga : Cara Membuat Blog Lengkap)

Cara Menggunakan WordPress Lengkap

Hal yang paling dasar atau pertama dalam menggunakan WordPress adalah login ke menu Dashboard. Kemudian akan ada langkah-langkah untuk menggunakan dan mengolah WordPress.

Seperti yang telah disampaikan di atas pada artikel ini akan di bahas langkah demi langkah menggunakan WordPress secara detail. Berikut adalah penjelasannya:

1. Login WordPress

Agar sobat bisa mengelola WordPress maka sobat harus login atau masuk terlebih dahulu ke dashboard WordPress.

Caranya cukup mudah, silahkan sobat akses URL dari dashboard admin WordPress secara default alamatwebsobat/wp-admin.

Selanjutnya pada halaman tersebut sobat tinggal masukkan username dan password yang dibuat saat melakukan isntalasi WordPress. Terakhir, tekan tombol login.

Apa Jadinya jika Lupa Password?

Tidak jarang beberapa blogger mengalami yang namanya lupa password. Untuk mengatasi hal ini, sobat bisa klik opsi Lost your password? yang terletak di bawah form login.

Selanjutnya akan ada email masuk berupa tautan untuk mereset password. Jika sudah melakukan riset password sobat tinggal login kembali.

2. Mengganti Tampilan

Umumnya, tampilan default WordPress belum sesuai dengan kebutuhan atau bahkan kurang menarik.

Oleh karena itu, biasanya para blogger akan mengganti tampilannya dengan yang lebih menarik. Untuk menggantinya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Login terlebih dahulu ke dashboard admin. Kemudian tap menu Appearance – Themes.
  • Setelah itu akan muncul halaman yang menampilkan tema WordPress yang sudah sobat instal. Jika ingin menambahkan tema lain maka pilih Add New.
  • Setelah menekan tombol Add New sobat bisa memilih tema mana yang hendak diinstal, baik yang gratis atau pun yang berbayar. Jika sudah menemukan yang cocok tinggal tekan tombol Install.
  • Terakhir untuk mengaktifkanya sekaligus menerapkannya pada website sobat maka tekan tombol Acivate.

3. Menginstal Plugin

Terdapat beberapa plugin yang dapat membantu mengoprasikan WordPress. Sobat perlu memasang plugin-plugin tersebut setelah berhasil melakukan instalasi tema.

Sobat bisa memilih plugin sesuai dengan fungsi dan kebutuhan. Sama halnya dengan tema, plugin juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar.

Dengan menambahkan plugin maka sobat tidak perlu susah-susah untuk memahami bahasa pemograman pada website. Singkatnya, plugin ini berfungsi untuk mempermudah sobat dalam mengoperasikan website.

Untuk memasangnya sobat perlu menginstalnya terlebih dahulu. Sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Setelah sobat masuk ke dashboard admin, silahkan tap menu Plugins – Add New.
  • Maka akan muncul halaman berupa daftar plugin yang bisa sobat install. Setelah menemukan plugin yang sobat cari, maka klik tombol Instal Now.
  • Kemudian untuk memasangnya pada website klik tombol Activate.

Ada beberapa plugin yang umumnya harus sobat install seperti plugin Yoast SEO. Hal ini akan membantu sobat dalam membuat artikel yang sesuai dengan ketentuan SEO.

Baca juga : 8 Teknik SEO untuk Meningkatkan Trafik dan Peringkat Website )

4. Menambahkan Halaman

Agar tampilan website lebih menarik sobat juga perlu menambahkan sebuah halaman agar terlihat lebih profesional.

Untuk menambahkan halaman sobat bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Masih pada menu dashboard, silahkan tap menu Page kemudian pilih Add new.
  • Setelah itu sobat perlu memberikan judul atau nama halaman. Misalnya, halaman yang hendak dibuat adalah halaman kontak. Maka sobat bisa memberi nama dengan Hubungi Kami atau Kontak Kami.
  • Pada halaman tersebut sobat bisa menambahkan konten secara detail. Seperti, menambahkan alamat email, alamat toko, atau bisa juga menambahkan form kontak.
  • Setelah sobat selesai menambahkan konten pada halaman, maka terakhir tekan tombol Publish untuk menerbitkannya. Tetapi jika sobat belum perlu menerbitkanya, maka tekan tombol Save Draft.

5. Menambahkan Menu Navigasi

Menu navigasi sangat dibutuhkan dalam sebuah website. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengunjung saat menjelajah website sobat.

Seperti menu navigasi kategori, about atau tentang dan lain sebagainya. Untuk menambahkan menu navigasi, silahkan sobat ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masih berada pada dashboard, silahkan pilih menu Appearance – Menus.
  • Selanjutnya maka akan tampil halaman editor. Silahkan sobat masukkan nama menu pada kolom Menu Name dan tekan tombol Create Menu.
  • Kemudian pilih lokasi menu itu hendak berada. Terakhir tekan tombol Save Menu.

Untuk melihat perubahannya sobat tinggal mengakses website sobat, di situ akan terlihat perubahan pada menu karena sudah diperbaharui.

6. Menerbitkan Artikel

Setelah website sobat sudah memiliki tampilan dan fitur yang sesuai dan diharapkan, maka selanjutnya sobat tinggal menerbitkan sebuah konten atau artikel.

Tapi sebelum itu, sobat perlu melakukan setting pada permalinks terlebih dahulu. Silahkan pilih menu Setting – Permalinks pada dashboard. Kemudian pilih Post name dan tekan tombol Save Changes untuk menyimpan perubahan.

Jika sudah untuk menerbitkan artikel sendiri caranya cukup mudah, hampir sama dengan membuat halaman baru.

  • Pada menu dashboard sobat tinggal pilih menu Post – Add new.
  • Kemudian akan muncul halaman untuk membuat artikel. Silahkan sobat masukkan judul dan isi konten artikel pada kolom yang tersedia.
  • Pada tool artikel sobat bisa mengatur tulisan yang hendak sobat buat. Seperti menentukan rata kanan atau rata kiri, membuat kolom dan menentukan ukuran font.
  • Jika sobat hendak memasukan tautan pada sebuah kalimat. Maka caranya blog kalimat tesebut dan klik icon rantai yang berada di atas halaman. Kemudian tinggal masukan alamat URL tautan tersebut dan tekan enter.
  • Selain itu sobat juga bisa menambahkan gambar pada artikel yang hendak sobat buat. Caranya mudah hanya perlu menekan tombol Add Media yang tersedia pada halaman tersebut, kemudian pilih gambar mana yang diingikan.
  • Agar artikel mudah ditemukan, maka sobat perlu menambahkan kategori. Silahkan pilih kategori sesuai dengan yang telah sobat buat. Jika belum membuat kategori silahkan sobat klik Categories – Add New Category pada menu dashboard. Kemudian namai kategori apa saja yang hendak dibuat, misal blogging, SEO, Bisnis ataupun lainya yang terkait dengan website sobat.
  • Selain kategori adapula menu tag. Sobat bisa menambahkan tag dengan mudah. Caranya cukup masukan nama tag pada kolom tag yang telah disediakan.
  • Menambahkan gambar utama, pada menu Featured Image – Set featured image sobat bisa memilih gambar mana yang hendak dijadikan gambar utama pada artikel.
  • Terakhir terbitkan artikel dengan cara menekan tombol Publish.

Itulah tadi beberapa cara menggunakan WordPress lengkap. Bagi sobat blogger yang masih kebingungan sobat bisa menerapkan dan mempraktikan cara-cara di atas untuk menggunakan WordPress.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…