cara mengganti font di WordPress
freepik.com

 

Font merupakan salah satu komponen yang penting dalam sebuah blog atau website. Pemilihan font yang sesuai dan baik akan membuat pengunjung menjadi lebih nyaman dan betah berlama-lama. Tidak menutup kemungkinan pengunjung akan kembali lagi.

Namun, pada saat menerapkan sebuah tema maka font secara default sudah terpasang. Font ini yang terkadang kurang cocok atau terkesan biasa-biasa saja.

Tidak sedikit para blogger atau pemilik website yang merubah font bawaan tersebut. Tujuannya agar blog atau website terlihat unik dan menarik. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri karena mempunyai blog yang unik atau berbeda dari yang lain.

Nah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mengganti font di WordPress. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu cara manual dan otomatis:

Cara Mengganti Font di WordPress Secara Manual

Cara manual ini bisa dikatakan agak sedikit memakan waktu, karena dari mengunduh font hingga mengunggahnya harus dilakukan sendiri atau manual. Namun, cara ini terbilang efektif karena Sobat juga bisa memasang plugin tambahan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengganti font di WordPress secara manual:

1. Download Font

Langkah pertama yang harus Sobat lakukan adalah mendownload font. Sobat bisa mendownloadnya di beberapa situs penyedia font secara gratis, seperti situs Google Fonts, FontSquirrel, Adobe Edge Web Fonts, Fots.com, Dafont dan 1001Freefonts.

Situs-situs tersebut menyediakan beragam font yang bisa Sobat download secara gratis. Sobat bisa mencarinya menggunakan kata kunci atau memilihnya secara langsung mana yang paling cocok dengan selera Sobat, kemudian download.

Biasanya hasil unduhan tersebut akan berbentuk ZIP.

2. Ekstrak Font

Selanjutnya, setelah berhasil mendownloadnya maka ekstrak file unduhan tersebut. Sobat bisa mengekstraknya menggunakan software pada laptop atau komputer Sobat, seperti WinZip atau 7-Zip.

3. Convert Format Font

Setelah Sobat mengekstraknya maka akan keluar beberapa jenis format file. Dari situ Sobat bisa mencari file fontnya.

Umunya, terdapat tiga format file untuk font yaitu True Type Font (ttf), Web Open Font Format (woff) dan Open Type Fonts (otf). Maka carilah file dengan format tersebut yang memang mampu bekerja secara optimal di semua browser internet.

Jika tidak ditemukan file dengan ketiga format tersebut maka Sobat bisa mengubahnya menggunakan Web Font Generator.

Caranya cukup mudah, Sobat hanya perlu masuk ke Webfont Generator, kemudian unggah font yang ingin diubah formatnya. Setelah itu centang kotak Yes, the font I’m uploading are legally eligible for web embedding.

Tunggu sampai proses selesai dan terakhir klik Download hasil konversi.

4. Upload Font menggunakan FTP

FTP atau File Transfer Protocol merupakan protokol internet yang memungkinkan Sobat untuk mengirim data dari komputer ke server.

Aplikasi FTP yang bisa Sobat gunakan untuk mengunggah font adalah FileZilla. Caranya cukup mudah, unggah file font ke direktori wp-content/themes/your-theme/fonts. Jika nanti tidak menemukan folder font, Sobat bisa membuatnya sendiri secara manual pada direktori tersebut.

5. Masuk ke Dashboard WordPress

Setelah proses mengunggah selesai, masuklah ke dashboard WordPress dan pilih menu Appearance-Editor. Dari situ akan terlihat file style.css, silahkan scroll ke bawah dan tambahkan kode di bawah ini:

@font-face {font-family: jenis font yang digunakan; src: url(masukan url sesuai yang diunggah); font-weight: normal;}

Setelah itu klik tombol Update File untuk menyimpan perubahan yang sudah Sobat lakukan.

6. Tentukan Penerapan Font

Kode di atas tadi belum mengaplikasikan penerapan font secara keseluruhan di website Sobat. Oleh karena itu, Sobat perlu mengatur di bagian mana saja font tersebut akan diterapkan. Caranya sama dengan mengedit file style.css pada menu Appearance-Editor.

Contohnya penerapan font di judul website dengan menggunakan kode di bawah ini:

.site-title{font-family: “masukan nama font”;}

Untuk menerapkannya secara keseluruhan maka Sobat perlu mengubah semua format font-family dengan jenis font yang baru yang Sobat inginkan.

Cara Mengganti Font di WordPress Secara Otomatis

Pengantian font secara otomatis tidak sesulit dengan penggantian secara manual. Untuk mengganti font secara otomatis maka diperlukan sebuah plugin.

Dengan menggunakan plugin proses penggantian font akan jauh lebih praktis. Kelebihan lainnya adalah lebih mudah karena tinggal mengikuti pengaturan yang ada pada plugin.

Setidaknya sudah terdapat beberapa plugin font WordPress yang bisa membantu Sobat dalam merubah font di WordPress.

Berikut adalah beberapa plugin yang bisa Sobat gunakan untuk mengganti font di WordPress:

1. WP Google Font

Dengan menggunakan WP Google Font maka Sobat bisa menambahkan font custom sesuai pilihan di WordPress dengan mudah. Setidaknya terdapat lebih dari 600 pilihan font yang bisa Sobat gunakan di plugin ini.

Cara kerjanya plugin ini akan secara otomatis memberikan kode-kode yang dibutuhkan ke website Sobat.

Kode-kode tersebut berfungsi agar font bekerja secara optimal pada website. Sobat juga bisa mengatur penerapan font tersebut di bagian mana saja atau untuk seluruh bagian website.

Menariknya lagi dengan menggunakan plugin ini Sobat juga bisa menambahkan lebih dari satu font pada website Sobat.

Untuk menggunakan plugin ini Sobat perlu menginstalnya terlebih dahulu. Caranya masuk ke Dasboard kemudian pilih Add New. Cari WP Google Font lalu install dan aktifkan.

Setelah selesai, maka secara otomatis Sobat akan diarahkan ke Google Font Control Panel. Silahkan Sobat bisa mengaturnya.

2. Google Fonts for WordPress

Plugin font yang kedua ada Google Font for WordPress. Tidak kalah dengan WP Google Font, plugin ini menyediakan lebih dari 800 jenis font yang bisa Sobat gunakan.

Google Fonts for WordPress juga sudah banyak digunakan, setidaknya sudah lebih dari 30 ribu kali plugin ini diunduh.

Dalam penggunaannya juga cukup mudah, hampir sama dengan WP Google Font. Pertama, Sobat harus menginstall dan mengaktifkannya terlebih dahulu.

Kemudian, Sobat bisa mengaturnya dengan mudah pada menu setting Google Fonts for WordPress.

3. Use Any Font

Plugin font yang terakhir ada Use Any Font. Berbeda dengan dua plugin sebelumnya, Use Any Font memungkinkan Sobat untuk mengunggah font yang Sobat download dari pihak ketiga dalam format otf, ttf atau woff.

File font tersebut akan diunggah pada fitur upload yang tersedia pada Use Any Font. Oleh karena itu, Sobat bisa memilih font mana saja dan mencarinya dimana saja sesuai dengan yang Sobat sukai.

Agar bisa menggunakan Use Any Font Sobat perlu menginstal dan mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya sama seperti menginstal dan mengaktifkan dua plugin di atas.

Itulah tadi beberapa cara mengganti font di WordPress. Sobat bisa menerapkan salah satunya, namun sebagai bahan pertimbangan jika Sobat sudah memiliki banyak plugin di WordPress maka sebaiknya pilihlah cara yang pertama.

Setelah membaca artikel di atas Sobat juga bisa membaca cara optimalkan website agar website Sobat bisa mendapat trafik dan rangking pencarian yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Cara Memilih Nama Domain,10 Tips dan Rekomendasi

Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…