Seberapa pentingkah sahabat harus memikirkan cara memilih nama domain sahabat? Apakah benar – benar penting?

Pada dasarnya jika sahabat memiliki situs web atau blog dengan konten yang berkualitas, orang akan mengunjungi situs sahabat apa pun domainnya, bukan?

Nama domain sahabat adalah elemen kunci dari situs web atau blog sahabat. Jadi sangat penting untuk tahu cara memilih nama domain yang cocok untuk blog sahabat.

Tapi tunggu, mengapa nama domain sangat penting?

Sebab nama domain adalah “kesan pertama” bagi blog sahabat. URL adalah hal pertama yang akan dilihat pengunjung. Nama domain yang baik dapat memberikan kesan positif, sementara nama domain yang buruk dapat membuat pengunjung berlalu.

Nama domain mempengaruhi SEO. Sementara pencocokan domain yang tepat (EMD) tidak lagi menjadi keharusan, kata kunci dalam nama domain sahabat masih dapat membantu peringkat SEO sahabat.

Nama domain mendefinisikan brand situs atau blog sahabat. Nama domain adalah peluang branding! Nama domain yang tepat dapat meningkatkan pengenalan merek.

Hal di atas hanya beberapa dari banyak alasan mengapa nama domain sangat penting.

Bagaimana cara memilih nama domain yang tepat? Itulah tepatnya yang akan saya bagikan kepada sahabat hari ini.

Pengakuan : Saya mendapat komisi jika sahabat akhirnya membeli layanan domain (dan hosting web) apa pun melalui tautan rujukan dalam panduan ini. Ini membantu saya untuk menjaga berjalannya blog ini dan selalu update konten terbaru. Terima kasih atas dukungan sahabat.

Biaya nama domain umumnya Rp. 130 ribu/ tahun. Jika sahabat menggunakan hosting di Niagahoster sahabat bisa mendapatkannya secara gratis (1 tahun). Berminat silakan klik di sini.

Baiklah, kita mulai pokok cerita.

Cara Memilih Nama Domain yang Sempurna

1. Brandable Over Generic (Branded lebih baik dari generik/umum)

Kreatif dan bermerek selalu lebih baik ketimbang generik (umum).

Ingat: Nama domain sahabat adalah bagaimana pengunjung akan menemukan, mengingat, dan membagikan konten sahabat di blog. Ini adalah dasar dari brand sahabat.

Inilah perbedaan utama antara nama domain yang brandable/berkelas/bermerek dan umum:

Nama domain bermerek (unik) akan menonjol dalam kompetisi, sementara nama domain generik biasanya diisi dengan kata kunci dan tidak mudah diingat.

Misalnya, apakah sahabat tahu perbedaan antara asuransikesehatankita.net, baruasuransikesehatan.com, atau asuransikankesehatan.com? Mungkin tidak, kan?

Itu sangat generik dan tidak punya arti secara spesifik. Sahabat tidak akan mendengar orang berbicara tentang betapa hebatnya “asuransi.com”. Variasi kata “asuransi” akan meningkatkan persaingan dan membuatnya lebih berbaur.

Situs-situs seperti bukalapak.com dan tokopedia.com menonjol karena mereka merujuk sesuatu (tempat/jualan). Ketika orang mendengar nama domain itu, ada faktor kepercayaan di sana.

Berikut cara menemukan nama domain yang lebih bermerek:

  • Buatlah kata-kata baru. Sahabat dapat membuat kata-kata baru yang menarik. Itulah yang dilakukan Google, Bing, dan Yahoo.
  • Gunakan kata-kata yang tersedia. Sahabat dapat menggunakan tesaurus untuk menemukan kata-kata menarik yang sesuai dengan merek bisnis sahabat.
  • Gunakan generator nama domain. Alat-alat ini dapat membantu sahabat membuat nama domain unik dan branded dari ide dan kata kunci domain awal sahabat.

2. Usahakan Ringkas

Secara umum, jika menyangkut panjang domain, lebih pendek lebih baik.

Menurut penelitian dari Gaebler.com , sebuah majalah untuk wirausahawan, 5 situs web teratas memiliki sekitar 6 karakter dalam nama domain mereka.

Saat sahabat menelusuri daftar 1 juta nama domain teratas, sahabat akan temukan ada hubungan langsung antara panjang nama domain dan popularitas.

(Popularitas, dalam hal ini, merujuk pada jumlah lalu lintas web yang diterima situs.)

Di 100 situs web teratas, domain terpanjang adalah 17 karakter.

Semua data ini menunjukkan bahwa sahabat harus menjaga nama domain sahabat tetap ringkas.

Bidik 6-14 karakter – dan ingat: semakin pendek, semakin baik. Kemungkinan besar nama domain yang lebih pendek dijual dengan harga lebih mahal (di bawah 5 karakter). Jika sahabat tidak dapat menemukan sesuatu yang pendek, buatlah yang bermerek.

3. Mudah Diketik atau Dieja

Pikirkan beberapa situs web paling populer di dunia. Apa yang terlintas dalam pikiran sahabat?

Google, Facebook, Twitter, Instagram, Yahoo, CNN …

Satu hal besar yang mereka miliki bersama adalah bahwa mereka semua mudah dieja.

Pengunjung blog sahabat harus bisa mengetikkan nama domain sahabat tanpa masalah. Jika sahabat harus menjelaskan ejaan lebih dari sekali agar bisa dipahami, itu terlalu rumit!

Hal terakhir yang tidak diinginkan adalah pengunjung potensial salah ketik domain sahabat dan berakhir di situs web yang berbeda!

Inilah cara mudah untuk menguji hal ini …

Beri tahu 10 orang nama domain potensial sahabat dan minta mereka mengejanya. Jika banyak dari mereka kesulitan mengejanya, sahabat perlu menyederhanakannya lagi.

4. Mudah Diucapkan

Ini memudahkan pengunjung untuk membagikan nama domain sahabat dari mulut ke mulut dan memudahkan sahabat untuk membagikan situs dengan teman dan pelanggan potensial.

Sahabat dapat menguji hal ini dengan cara yang sama seperti dengan “ejaan”.

Tulis nama domain sahabat di selembar kertas dan minta 10 orang untuk mengucapkannya. Jika banyak dari mereka yang kesulitan mengucapkannya, sahabat harus menyederhanakannya lagi.

Inilah yang perlu diingat: sahabat ingin nama domain sahabat mudah diteruskan oleh sahabat dan orang lain. Satu-satunya cara agar hal itu dimungkinkan adalah jika 1) mudah dieja dan 2) mudah diucapkan.

5. Hindari Penggunaan Tanda Hubung dan Angka

Ingat bagaimana nama domain sahabat harus mudah dieja dan diucapkan? Tanda hubung dan angka membuatnya jadi sulit.

Bayangkan menjelaskan Facebook jika ada tanda hubung di sana …

“Pernahkah sahabat melihat situs baru Face-Book ini? Ngomong-ngomong ada tanda hubung di sana, antara ‘face’ dan ‘book.’ ”

Facebook mungkin tidak dikenal begitu cepat jika ada tanda hubung itu.

Garis bawah? Nama domain sahabat harus halus dan kuat – tanda hubung dan angka menghalangi hal itu.

6. Pertimbangkan untuk Menggunakan Kata Kunci

Kata kunci atau keyword dapat membantu meningkatkan SEO sahabat – Namun sahabat perlu hati-hati tentang hal ini! Jika sahabat mencoba memasukkan kata-kata kunci dengan canggung ke dalam domain sahabat, itu dianggap terjerumus jadi hal generik atau umum (seperti yang kita bahas di atas).

Namun jika sahabat terpaksa memilih untuk menggunakan kata kunci, letakkan kata kunci di awal domain sahabat. Di situlah keyword akan menjadi yang paling kuat untuk peringkat blog sahabat.

Sahabat dapat menemukan kata kunci dengan alat-alat seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io .

7. Pikirkan Jangka Panjang

Apakah sahabat sudah siap mencurahkan usaha dan pikiran untuk domain yang sahabat pilih?

Sahabat harus mulai memikirkannya, karena itu akan menjadi salah satu elemen terbesar yang mendefinisikan bisnis dan brand situs atau blog sahabat selama bertahun-tahun.

Jika sahabat memutuskan untuk mengubah domain di masa mendatang, sahabat tentu akan dikenakan biaya biaya, mempengaruhi peringkat, dan peringkat SEO. Singkatnya – ini sangat menyedihkan bila terjadi! Hehe.

Saat sahabat memilih domain, pikirkan untuk jangka panjang.

Misalnya, jika perusahaan sahabat bergerak dalam travel agent, sahabat dapat memilih nama domain seperti, “travellion.com” – ini hanya contoh.

Jika sahabat berpikir ada kemungkinan sahabat akan memperluas ke layanan pemasaran digital yang lebih umum di masa depan, seperti pemasaran produk, tiket, dll. Maka mungkin akan bijaksana jika mempertimbangkan kembali nama domain sahabat.

8. Periksa Ketersediaan di Situs Media Sosial dan Merek Dagang

Sebelum sahabat melanjutkan dengan nama domain tertentu, periksa untuk melihat apakah nama itu tersedia di situs media sosial, serta apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

Untuk membangun merek sahabat, sangat ideal untuk memiliki nama yang sama di seluruh domain dan jejaring sosial sahabat. Ini membangun keakraban dan memudahkan pengunjung, penggemar, dan pelanggan menemukan sahabat di web.

Hindari masalah hukum, sahabat harus menjauh dari nama-nama yang sudah memiliki merek dagang.

Lalu, bagaimana cara agar dapat dengan cepat memeriksa jaringan sosial dan merek dagang untuk nama domain potensial sahabat?

Sangat mudah, cukup dengan aplikasi seperti Knowem. Cari nama domain potensial sahabat – ini akan menunjukkan kepada sahabat apakah kata itu tersedia di lebih dari 25 jejaring sosial populer dan apakah ada merek dagang yang sudah terdaftar untuk nama tersebut.

9. Gunakan Ekstensi Nama Domain yang Tepat

Saat sahabat memilih ekstensi nama domain, sahabat harus yakin akan satu hal: “.com” masih yang terbaik.

Menurut penelitian dari Registrar Stats, 75% domain memiliki ekstensi “.com”, yang kedua adalah “.net” dan yang ketiga adalah “.org”.

Mengapa? Ya, “.com” adalah yang paling akrab dan paling mudah diingat.

Meskipun ada banyak situs web yang sukses dengan “.net” dan “.org”, situs atau blog sahabat mungkin akan lebih baik jika memiliki ekstensi “.com”. Ini adalah pilihan terbaik dan teraman.

Saran saya : Pilihlah domain dengan .com. Jika tidak tersedia, coba .net atau .org. Jika tidak ada juga, sebaiknya sahabat melakukan brainstorming nama domain baru . Hindari ekstensi aneh seperti “.club”, “.space”, “.pizza” dan sebagainya.

10. Gunakan Generator Nama Domain untuk Mengumpulkan Ide

Pada titik ini, sahabat setidaknya harus memiliki gagasan atau ide umum tentang beberapa kata yang mungkin untuk dimasukkan ke dalam domain sahabat. Beberapa dari kata-kata itu mungkin sudah diambil orang, bermerek dagang, atau tidak mewakili konten atau bisnis sahabat.

Di situlah generator nama domain ikut berperan. Generator ini dapat mengubah ide kata-kata yang sahabat pilih menjadi domain segar yang masih tersedia.

Berikut beberapa generator nama domain favorit untuk dicoba:

Wordoid. Aplikasi ini memungkinkan sahabat untuk menemukan kata, lengkap dengan ide-ide yang mengandung kata yang dimaksud, mulai dengan kata yang dimaksud atau diakhiri dengan kata yang dimaksud.

Kiat bonus:

Jika sahabat memulai blog atau situs web pribadi, mungkin yang terbaik adalah menggunakan nama sendiri!

Jika nama sahabat agak panjang, sulit dieja atau diucapkan, atau domain sudah diambil orang, coba pertimbangkan untuk menggunakan nama panggilan atau bahkan kombinasi nama depan dan nama belakang.

Kesimpulan

Nama domain sahabat akan berdampak signifikan pada keberhasilan dan potensi situs web atau blog sahabat. Pastikan sahabat mempertimbangkan dengan cermat untuk memilih domain sahabat – gunakan 10 tips ini untuk membantu sahabat memilih domain terbaik.Wassalam.(bloggerminang)

2 comments
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like

Rekomendasi 10 Blog Sarat Informasi yang Layak Untuk Dikunjungi

Apa yang sering sahabat lakukan di sela rutinitas sehari-hari? Tentu banyak sekali…

Jadi Jutawan Lewat Blog, Kenapa Tidak? Ini Caranya!

Di era digital seperti sekarang ini, pekerjaan tidak melulu mengharuskan sahabat pergi…

Syarat Terbaru Agar Diterima Google Adsense

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan dari blog adalah dengan layanan iklan…

11 Cara Terbaik Mengamankan Website WordPress

Perlu sobat tahu sebenarnya cara mengamankan WordPress tidak cukup jika hanya dengan…